19 Oktober 2013

Dasar Komputer

9 Hal Dasar Komputer yang Harus Diketahui

Masih banyak pengguna komputer yang pengetahuan dasar komputernya belum memadai. Padahal pengetahuan dasar komputer itu sangat dibutuhkan, karena dasar merupakan landasan atau fondasi yang penting. Mungkin Anda berpikir bahwa karena Anda telah menggunakan komputer dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa menguasai dasar komputer sehingga Anda bisa dikatakan "melek komputer", hal itu belum bisa menjadi jaminan. Berikut adalah 10 hal dasar komputer yang Anda benar-benar harus tahu. Jika Anda sudah tahu ini, Anda harus membantu orang lain untuk belajar hal ini juga!

1. Search Engine / Mesin Pencari
Hal dasar komputer yang pertama adalah Search Engine / Mesin Pencari. Menggunakan mesin pencari bukan hanya mengetikkan alamat, menempatkan beberapa kata kunci, lalu klik Cari dan memilih hasil pertama. kalau Anda menggunakan mesin pencari begitu-begitu saja maka itu tidak akan memberikan hasil terbaik. Coba belajar pencarian lebih lanjut, belajar operator Boolean, dan teliti bagaimana untuk membedakan hasil dari pencarian sebuh search engine tersebut .

2 . Word Processing / Pengolah Kata
Pengolah kata adalah salah satu penggunaan komputer yang tertua. Pengolah kata ini sangat penting, meskipun fungsinya sudah dimasukkan ke dalam aplikasi lain, misalnya orang dapat menulis email dari dokumen. Jika fungsi dasar dari pengolah kata seperti spell check, pembuatan tabel, dan tentang header tidak Anda kuasai, maka Anda melewatkan salah satu hal dasar komputer.

3. Spreadsheet
Spreadsheet adalah aplikasi besar untuk PC di awal 1980-an. Spreadsheet menawarkan kemungkinan analisis yang sangat kuat. Jika Anda tahu bagaimana menggunakannya, mampu menggunakan formula, referensi, dan lainnya maka selamat, hal dasar komputer tentang Spreadsheet sudah Anda kuasai.

4. Dasar-Dasar Browser
Didalam browser Anda harus menguasai teknik seperti membuka link di jendela baru, menggunakan bookmark, mengedit URL, melakukan navigasi, kosongkan cache browser, dan memahami pesan kesalahan umum akan memberikan Anda akses ke dunia maya secara optimal dan Anda tidak akan terjebak.

5. Virus / Malware Scanning
Masih penting untuk memahami bagaimana Anda memeriksa sistem operasi dan semua yang ada di komputer untuk tidak terinfeksi bug jahat, spyware, dan aplikasi berbahaya lainnya . 

6. Perintah Keyboard Umum
Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk copy / paste tanpa mouse, berarti Anda tidak melek komputer . Setiap sistem operasi memiliki beberapa perintah keyboard universal. Belajar shortcut keyboard ini sangat penting karena akan mengefisienkan waktu ketika menggunakan komputer, coba Anda luangkan waktu menghapal shortcut-shortcut pada keyboard supaya Anda tidak terlalu mengandalkan mouse.

7. Hardware Dasar
Dasar Komputer
Memiliki pengetahuan hardware dasar merupakan suatu keharusan. Dengan kemampuan ini Anda tidak akan kebingungan dan tahu permasalahan yang bersumber dari hardware, sehingga untuk mengatasai kesulitan hardware ini Anda dengan cepat bisa mengatasi.

8. Jaringan
Karena zaman sekarang banyak komputer yang saling terkoneksi, maka pengetahuan jaringan komputer secara dasar harus Anda ketahui. Meskipun Anda tidak perlu bisa memprogram router Cisco, Anda harus tahu bagaimana :
  • Pemasangan kabel jaringan
  • Menentukan alamat IP
  • Verifikasi konektivitas fisik ke jaringan
  • Periksa apakah Anda memiliki koneksi ke jaringan
  • Cari tahu apa jalur lalu lintas jaringan yang diperlukan 


9.  Keamanan 
Internet selain memberikan informasi secara tak terbatas, internet juga merupakan dunia yang berbahaya. Anda benar-benar harus tahu bagaimana melindungi diri dari penyerang di Internet dan menyimpan data pribadi Anda secara aman. Memeriksa link sebelum Anda klik, memverifikasi enkripsi yang digunakan untuk mengirimkan data sensitif, meneliti situs sebelum memberikan data pribadi Anda dan lain sebagainya

 

Copyright @ 2013 wedoc.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay